festival-festival di Jepang

Saya sangat suka dengan kebudayaan jepang. Kebudayaan jepang mempunyai daya tarik bagi siapapun untuk mempelajarinya. Kebanyakan dari kebudayaan jepang itu adalah banyaknya peristiwa-peristiwa peringatan di jepang yang asal mulanya dari Cina. Beberapa peringatan tersebut sudah jarang dirayakan bahkan sudah hilang. Namun, beberapa perayaan lainnya masih dirayakan oleh keluarga-keluarga di jepang.

Bulan Januari

Biasanya, bulan Januari dimulai dengan perayaan tahun baru karena orang jepang akan mempunyai harapan-harapan baru. Umumnya, orang-orang akan menghias pintu rumah masuk mereka dengan kado Matsu dan Shime Nawa, yaitu tali jimat. Mereka makan Mochi untuk makan pagi. Mereka juga pergi ke kuil-kuil dan tempat suci untuk meminta berkat dan berdoa agar keinginan-keinginan mereka dapat terkabul

Bulan Februari

Biasanya, pada bulan ini masyarakat Jepang mengadakan perayaan Setsubun, yaitu perayaan yang menandakan berakhirnya suatu musim dingin yang panjang. Pada malam Setsubun, mereka menaburkan butir-butir kacang untuk mengusir pengaruh-pengaruh jahar dan memohon datangnya hal-hal yang baik dan menguntungkan.

Bulan Maret

Tanggal 3 Maret adalah hari Hina Matsuri, yaitu festival boneka perempuan. Biasanya, anak-anak perempuan memajang boneka-boneka Hina di dalam sebuah ruangan. Bulan ini juga diadakan festival yang disebut Tango no seku. Festival ini diadakan khusus untuk anak laki-laki. Pada hari itu mereka menaikkan koi no bori (umbul-umbul ikan koi)

Bulan Agustus

Biasanya, pada bulan ini orang-orang di daerah Kansai merayakan Bon Odori, yaitu festival upacara kematian. Roh-roh leluhur akan datang ke dunia selama festival tersebut. Biasanya, roh-roh tersebut diundang pada hari pertama dan kembali di hari terakhir festival. Hal ini biasanya dilakukan sambil menyalakan lilin. Di Kyoto salah satu atraksi yang paling terkenal adalah Daimonji yang merupakan salah satu atraksi dalam festival ini.

Bulan September

Pada bulan ini, masyarakat Jepang biasanya senang menikmati bulan purnama karena langit sangat cerah dan bulan bersinar sangat indah.

Bulan Oktober

Di bulan ini, biasanya digunakan untuk kegiatan pertandingan olahraga. Di sekolah-sekolah diadakan pertndingan-pertandingan olahraga, baik tradisional ataupun modern. Di bulan ini, orang-orang juga melakukan hiking atau bersepeda. Bulan Oktober juga merupakan musim gugur yang berarti musim panen dan hal ini juga dirayakan karena sebagai ungkapan rasa syukur dengan hasil panen yang melimpah.

Bulan November

Tanggal 15 November adalah hari Shichi Go San Matsuri yaitu upacara bagi orang tua untuk membawa anak-anak mereka yang berusia tiga, lima, dan tujuh tahun ke tempat-tempat suci.

Bulan Desember

Di bulan ini semua orang akan sibuk. Mereka akan membersihkan rumah-rumah mereka, membuat atau menumbuk ketan untuk dijadikan Mochi. Pada malam tahun baru. Orang-orang menyambutnya dengan mendengar lonceng yang dibunyikan pada tengah malam.

Demikian penulisan ini tidak untuk bertujuan komersil tetapi agar dapat membuat anda sekalian mengetahui peristiwa-peristiwa atau festival-festival di Jepang. Kurang lebihnya saya mohon maag dan terima kasih.

0 Responses