PROPOSAL PENELITIAN
Penelitian Pendahuluan mengenai Kerangka Standarisasi Ujian Profisiensi Bahasa Jepang Di Indonesia yang diteliti oleh Tim PSJ-UI.
1. LATAR BELAKANG PENELITIAN
Pihak Jepang menyelenggarakan Ujian Profisiensi Bahasa Jepang setiap tahun untuk orang asing di seluruh dunia. Level Empat (Yonkyuu) paling rendah dan Level satu (Ikkyu) paling tinggi. Perjenjangan 4 level kemahiran bahasa Jepang ini menjadi pegangan dan diikuti oleh semua pihak yang memanfaatkan bahasa Jepang di dalam negeri.
2. PERMASALAHAN
Apakah perjenjangan 4 level kemahiran bahasa Jepang memadai dengan kondisi di dalam negeri Indonesia yang memanfaatkan bahasa Jepang?
Kalau ada penjenjangan lain, penjenjangan macam apakah yang bisa memenuhi kebutuhan semua pihak di dalam negeri yang memanfaatkan bahasa Jepang?
3. TUJUAN
Mencari kejelasan tentang kebutuhan pihak dalam negeri yang memanfaatkan bahasa Jepang terhadap perjenjangan pembelajaran bahasa Jepang berikut ujian profisiensi yang dianggap memadai.
4. PENGKAJIAN MASALAH
Bahwa penjenjangan 4 level tidak cocok dengan kondisi di dalam negeri dan juga tidak bisa memenuhi kebutuhan semua pihak yang memanfaatkan bahasa Jepang.
5. PENGKAJIAN TEORI
Ada 4 teori yang perlu diterapkan yaitu : Teori Kebutuhan, Teori Silabus, Teori Tes Massal, dan Teori Rilibilitas & Validitas.
6. HASIL PENGKAJIAN ILUNI KWJ-UI TAHUN 2007
Ada 9 jenjang yang pernah dipikirkan. Level 1 sampai dengan level 9. Hasil pengkajian yang lalu ini hendak dilanjutkan pengkajiannya yang sesuai dengan kebutuhan di dalam negeri.
DAFTAR PUSTAKA
Dari modul Seminar hasil penelitian PSJ UI bekerjasama dengan HIMAJA FIB UI
Demikian proposal penelitian ini tidak bertujuan untuk komersil tetapi untuk menunjang penilaian tugas mata kuliah adaptif softskil Bahasa Indonesia. Semoga dapat bermanfaat dan kurang lebihnya saya minta maaf. Terima Kasih.